Dari tidak tahu menjadi tahu

Kamis, 04 Februari 2016

UKM Kunjungan Ke Pabrik Pindang Bapak H. Ma'mun

Pabrik pindang H.Ma'mun terletak di Dusun.Cipeundeuy , Desa.Sukaratu , Kecamatan.Darmaraja. Pabrik ini berdiri sejak tahun 1990, dan dikelola secara turun temurun. Pada awal berdirinya perusahaan ini bermodalkan uang Rp.20.000.000,-  yang merupakan modal sendiri, dan sekarang memiliki 3 orang pekerja tetap, ketiga pekerja tersebut merupakan masyarakat asli Desa Sukaratu.

Bapak H.Ma'mun melukukan kegiatan produksi setiap 3 hari sekali. dalam satu kali produksi memerlukan 200kg ikan laut segar berbagai jenis, seperti ikan tongkol, ikan bandeng, ikan tanjang, dll.Ikan segar tersebut dikirim dari pemasok yang berasal dari Indramayu. Proses pengolahan pindang memakan waktu 12 jam, dimulai dengan proses pencucian ikan sampai bersih, kemudian ditata dalam badeng, selanjutnya diberi taburan garam, setelah pindang setengah matang air dalam badeng dibuang dan 
kemudian pada bagian atas ditambahkan garam sampai menutupi seluruh permukaan Bandeng.
fungsi dari garam dipermukaan badeng tersebut adalah sebagai penanda apakah ikan sudah matang atau belum.Dalam pengolahannya Bapak H.Ma'mun masih penggunakan cara tradisional, yaitu dengan menggunakan tungku dan kayu bakar, dimana dalam satu kali produksi menghabiskan 3 kubik kayu bakar.


 Dalam sehari Bapak H.Ma'mun mampu menjual pindang sebanyank 5 badeng pindang, setiap satu badeng memiliki berat 20kg, dengan harga per Bandeng Rp.400.000,-. Untuk pemsaran Bapak H.Ma'mun masih memasarkan pindangnya sendiri, biasanya pemasarannya dilakukan hanya di Pasar Wado.Dalam proses pengelolaan keuangan masih belum ada proses pencatatan khusus.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar